Friday, August 16, 2013

GEOGRAFI???
Apa sih pentingnya tuk dipelajari?


Pengertian Geografi
sebelumnya kita cari tahu dulu 
"apa sih Geografi itu?" 
menurut para ahli terdahulu :

Ekblaw dan Mulkerne
Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kitagunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati

Grastothenes
geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi

Ellsworth Hunthington
Geografi ialah memandang manusia sebagai figur yang pasif sehingga hidupnya dipengaruhi oleh alam sekitarnya

Ferdinand Von Richthofe
Geografi sebagai ilmu yang mempelajari gejala dan sifat-sifat permukaan Bumi dan penduduknya

Preston e James
Geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan” karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing.

Lobeck (1939)
Gegografi adalah suatu studi tentang hubungan – hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya.

Frank Debenham (1950)
Geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

Ullman (1954)
Geografi adalah interaksi antar ruang

Maurice Le Lannou (1959)
Objek study geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi.

James Fairgrive (1966)
Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.

Strabo (1970)
Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat ini kemuadian di sebut Konsep Natural Atrribut of Place.

Paul Claval (1976)
Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan.

Prof. Bintarto (1981)
Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik maupun yang menyangkut kehidupan makhluk hidup beserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

Herioso Setiyono (1996)
Geografi merupakan suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.

Bisri Mustofa (2007)
Geografi merupakan ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, faquna serta basil-basil yang diperoleh dari bumi.
wah ternyata banyak juga ya pengertiaanya, dapat diambil kesimpulan atau pengertian secara umum, Geografi adalah ilmu yang mempelajari segala aktifitas manusia dan alam serta interaksi diantara keduanya melalui perspektif ruang hingga terbentuk pola ruang tertentu. Pemahaman holistik terhadap fenomena tersebut dapat menciptakan wawasan konseptual, pola pikir dan kemampuan aplikatif yang khas ke-ruang-an untuk diterapkan dalam berbagai bidang pekerjaan: perencanaan dan pengembangan wilayah, pengelolaan lingkungan hidup, kehutanan, pertambangan, energi, industri, transportasi, perbankan, manajemen, pemasaran, pendidikan, dan sebagainya.

Kenapa ya perlu dipelajari?
          Geografi terdiri dari studi planet kita, kondisi iklim, bentuk lahan berbagai planet dan kejadian alam yang berbeda. Ini mencakup dasar pengetahuan yang luas. Ini mencakup analisis spasial dari fenomena manusia dan alam, eksplorasi ilmu bumi dan hubungan antara alam dan kehidupan manusia. Studi geografi mencakup analisis sosial, proses ekonomi dan lingkungan yang mempengaruhi alam. Jangan Anda pikir itu adalah penting untuk mengetahui semua tentang mendalam ini? Jangan Anda merasa perlu untuk memiliki pengetahuan tentang Bumi kita? Jika Anda merasa perlu, Anda memiliki alasan untuk mengatakan geografi yang penting.
           Geografi suatu daerah mempengaruhi hidup penghuninya. Kondisi geografis wilayah pengaruh budayanya. Mereka memiliki dampak yang mendalam pada norma-norma sosial dan budaya masyarakat. Mereka mempengaruhi kebudayaan dan peradaban daerah. Geografi suatu daerah memiliki efek langsung pada bentuk seni, literatur, makanan dan kebiasaan perayaan orang-orang yang mendiaminya. Hal ini membuat penting untuk mempelajari geografi. Anda dapat melihat sekilas dan warisan budaya dunia dengan browsing melalui budaya yang berbeda di dunia.

       Jika Anda merasa bosan untuk belajar tentang sumber daya alam dan iklim, Anda harus memahami bahwa sumber daya ini di alam yang memungkinkan kita hidup. Kondisi iklim di wilayah dunia yang berbeda mendukung kehidupan tumbuhan dan hewan di wilayah itu. Kondisi iklim dan ketersediaan sumber daya alam di wilayah tertentu bentuk kehidupan penduduknya. Geografi mempengaruhi distribusi sumber daya alam dan buatan manusia di seluruh dunia. 
           Kekayaan alam suatu daerah keberadaannya untuk kondisi geografis daerah. Lokasi geografis suatu wilayah pengaruh iklim, yang pada gilirannya mempengaruhi bentuk kehidupan yang dapat berkembang di wilayah itu. Mengapa minyak berasal dari Arab Saudi? Mengapa China dan India produsen beras terbesar? Mengapa unta mengisi medan Afrika dan beruang kutub menghuni Arktik? Mengapa bioma hutan gugur menghuni bagian Amerika, Asia, Eropa, Afrika dan Australia? Mengapa hutan hujan ditemukan di daerah khatulistiwa? Ini semua karena kondisi geografis yang beragam di seluruh dunia.
         Selain itu, mempelajari geografi membantu kita menghargai keragaman dalam bentuk kehidupan di Bumi. Hal ini menghadapkan kita pada isu-isu ekologi dan ilmu lingkungan berbagai dan keprihatinan teknologi. Ini membantu kita memahami bagaimana alam mempengaruhi kehidupan. Ini memungkinkan kita tahu bagaimana budaya terbentuk. Hal ini memungkinkan kita untuk tahu bagaimana peradaban lahir. Ini membantu kita memahami interaksi antara komponen alam dan manusia. Studi geografi memberi kita kesempatan untuk mengamati dan menganalisis hubungan erat antara lingkungan alam dan kehidupan manusia.

Begitu maksudnyaaaaa...
kita belajar Geografi ibarat kita memurek-urek isi yang ada di dalam rumah kita sendiri.hehehe
rasa penasaran kita seolah-olah kita peduli terhadap rumah kita sendiri

No comments:

Post a Comment